Senin, 07 November 2011

MENUNDA DUNIA UNTUK ALLAH

UST. YUSUF MANSYUR

Bagi  saya,  persoalan  shalat  adalah  persoalan  tauhid. Sebab tauhid kan sederhananya: Mengenal Allah.  Lalu  bagaimana  kualitas shalat kita, sebagaimana itulah kita bertauhid kepadanya. Memang ada urusan lain di urusan shalat, tapi semua bermula dari sini... Dari shalat...                   
                                               
  Permohonan  maaf  kepada para peserta sebab kemaren sempat kosong tidak ada materi. Alhamdulillah pagi ini kita ketemu lagi. Insya Allah pembahasannya masih seputar shalat. Sebab buat saya, urusan shalat itulah urusan tauhid.             

  Kemaren  pagi  jam  11 saya nemanin istri saya check-up kami punya baby di rumah sakit. Diberitahu bahwa  dokternya  hanya sampe jam 13 saja. Alhamdulillah, urusan shalat nomor satu. Saya mengincar pom bensin di menjelang Mal Puri. Di sana ada tempat shalat yang bersih. Saya belajar seperti ini. Dan  saya  menyuarakan  agar  sebanyak-banyaknya  orang juga begini. Betul-betul waspada di urusan shalat. Dan alhamdulillah malah nyampe jam 12.40-an. Masih belum terlambat.                                                                                                             
  Nah,  kadang  suka  timbul pikiran begini, shalat di sana saja dah. Takutnya telat. Ntar dokternya malah  pergi lagi. Akhirnya malah kadang terlambat semua mua. Datangnya juga terlambat. Dan sering juga akhirnya shalat di akhir waktu. Saya menikmati benar mendahulukan Allah ini. Saya yakin, yang punya  jalan adalah Allah. Sehingga kalau mendahulukan Allah, niscaya jalanan akan dibuat lenggang oleh Allah Pemilik Jalan.                                                                         
  Begitulah  Saudara-saudaraku,  peserta  Kuliah Online. Percuma juga kita bicara Allah bila kemudian urusan  shalat  kita  berantakan.  Persoalan  shalat sebenernya dijadikan Kuliah Dasar tersendiri.
  Namun,  karena  bagi  saya  ini  persoalan  yang mendasar, maka ia dijadikan sebagai bahagian dari Kuliah Tauhid.                                                                                           
  Kalau  dilihat  perilaku  manusia-manusia di Indonesia ini, memang bertuhan namun sebenernya masih perlu dipertanyakan lagi ketuhanannya. Sebab seperti ga kenal sama Allah. Contoh, di dalam pesta perkawinan, wuh, soal shalat, kayak ga ketemu shalat tepat waktu di sini, kecuali segelintir saja.

  Di  mall,  di  perkantoran,  di gedung-gedung, sedikit sekali yang betul-betul memerhatikan shalat sebagai cerminan bertauhid yang benar.

  Ok,  sebagai  kelanjutan bicara-bicara ini, mari kita lanjutkan pembahasan seputar shalat. Selamat menikmati  esai-esai  pendek.  Saya pilih juga cara penyajian dengan esai-esai pendek agar peserta mudah  mempelajari  dan  memahami.  Juga  mudah  mendistribusikan  lagi  kepada  yang lain sebagai perpanjangan dakwah saya dan kawan-kawan. Amin.                                                                           
  Robbija ‘alnii muqiimash sholaah wa min dzurriyyatii, ya Allah ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak keturunanku sebagai orang-orang yang menegakkan shalat…                                         
                                                                                                   

  Ada hadiah dari Allah buat siapa saja yang mementingkan diri-Nya.

   Si A, membawa surat interview.

  Dia ini orang yang terbiasa tepat waktu. Ia gelisah. Sebab di surat interview itu, ia dipanggil jam 11.00. Jam yang rawan bagi dia.
 
  Rawan apaan?     

  Rawan untuk tidak bisa mempersiapkan diri shalat tepat waktu. Subhaanallaah! Padahal jam 11 kan masih jauh? Masih 1 jam menuju waktu shalat.  Iya.  Itu  kalo  dia  prediksi wawancara bisa berlangsung tepat waktu. Bagaimana kalau pewawancara telat.  Atau  ia datang di urutan wawancara nomor ke sekian? Atau wawancara akan masih berlangsung  sedang waktu shalat sudah menjelang. Lihat ya, baru "sudah menjelang", bukan sudah datang.  Pikiran ini betul-betul mengganggu si A ini.                               

   Tapi karena dia butuh pekerjaan, kemudian dia tetap memutuskan untuk datang. Jam 11 kurang dia sudah sampai. Dia catatkan namanya untuk interview. Ternyata hanya dia seorang.  Aman nih.                                                                                         
  Tapi  apa  yang  terjadi?  Ternyata si penginterview dipanggil oleh direksi. Sampe jam 11.30-an ga  kunjung  ada kejelasan apakah wawancara bisa dilaksanakan atau tidak, atau di jam berapa wawancara  bisa dilaksanakan.

   Di mata si A ini, pertanyaan itu jelas ia jawab, atau bahasa lainnya, jawabannya jelas: Batal.     
Betul: Batal.                             

   Dia  memilih  tidak  wawancara  bila  wawancara  itu  dilakukan  di  jam 12 lalu mengganggu jadual  shalatnya. Masya Allah.                                                                           
"Mbak,  saya  izin  dulu  ya.  Nanti  saya  balik  lagi.  Saya  titip tas di sini," katanya kepada  resepsionis.
“Bawa aja tas nya. Emangnya mau kemana? Bapak sebentar lagi barangkali datang."                   
"Mau shalat dulu."               
                                                               
"Oh? Silahkan? Nanti saya beritahu Bapak."                                                         
  Alhamdulillah,  pikir  si A. Kirain akan dimarahin. Ini malah dipersilahkan dan akan dibantu untuk  memberitahukan ke pewawancara. Alhamdulillah.           

***                                                                                               
   Sesampenya  si  A  di  ruang  mushalla, belum ada orang. Sebab baru jam 11.50. saat itu, zuhur jam 12.08. 

  Kira-kira  jam 12-an lewat, tapi belum datang saatnya azan, datang seorang bapak. Bersih wajahnya.  Berseri.  Bapak  ini  sudah  datang  dalam  keadaan  berwudhu.  Ditemani  oleh  dua  orang lagi di sebelahnya.  Juga dalam keadaan sudah berwudhu nampaknya. Sebab si A tidak melihat ada tanda-tanda bekas air wudhu baru.   

"Mas, bukan pegawai sini ya?" tanya salah satu dari yang tiga orang tersebut.                     
"Iya Pak"                                           
"Eh, kemana yang azan? Koq belum azan nih?" cetus lagi yang satu, sambil melihat jam.             
"Saya saja Pak yang azan," kata si A. 

  Dalam  keadaan  rapih baju dan celananya, dan dalam keadaan wangi, si A, azan. Ada rasa kebanggaan  di hatinya, bahwa dia bisa mengalahkan interview untuk dapat azan dan shalat zuhur berjamaah.  Berdirilah  yang tiga orang tersebut, sambil menunggu azan selesai. Seolah-olah mereka mendampingi  si A ber-azan. 

   Selepas  azan,  si  A  tidak  sempat lagi bicara-bicara dengan tiga orang tersebut. Sebab mushalla sudah keburu ramai.                                                       
   Hanya,  selepas  shalat ba'diyah, pundaknya ditepuk oleh salah satu dari yang tiga. "Mas yang akan  diwawancara oleh saya ya?"                                 

   Kagetlah si A. Rupanya ia bersama-sama sang pewawancara. Satu shaf.
                 
"Yang ngimamin shalat itu, Dirut kita," katanya datar. "Kita tunggu beliau selesai shalat sunnah."

  Singkat  cerita,  malah  si  A itu diajak makan siang bersama. Dua dari yang tiga, adalah direksi. Sedang yang mewawancara pun nampaknya memiliki jabatan yang cukup tinggi di kantor tersebut. Sungguh beruntung si A. Ia jaga shalatnya, malah Allah dudukkan dia dalam posisi yang sangat mulia. Bagaimana lalu dengan awawancaranya? Ya sudah tidak perlu diwawancara kali. Pertemuan di mushalla, dan azannya si A, sudah menyelesaikan wawancara. Alhamdulillah,
Subhaanallaah.                     
     
  Para  Peserta  Kuliah  Online  yang  budiman, kalau kita hidup dalam aturan Allah, maka Allah akan  mengaturkan  hal-hal  yang  terbaik  buat  kita.  Allah Maha Mengendalikan dunia ini, dan DIA Maha  Mengetahui apa yang akan terjadi. Pintu rizki pun di tangan-Nya. Bukan di tangan siapa-siapa.     
                       
***                                                           
                                   
Memberi Jam yang Terbaik.
Allah begitu baik sama kita.  Sedangkan kita??                                                                                           
  Judul  di  atas  bukan  bermaksud  memberi  hadiah  jam tangan. Bukan. Maksudnya, memberikan waktu terbaik kita buat Allah. Tidak mudah loh menerapkan hal ini. Makanya, mintalah bantuan, bimbingan, dan pertolongan Allah, agar bisa memberikan kepada Allah, waktu terbaik untuk-Nya. Jadilah  orang  yang  berbahagia,  di  mana ketika orang sedang sibuk-sibuknya, kita bisa memotong menghadiahkan  waktu  yang  berharga  yang kita miliki, buat Allah. Bukankah sejatinya semua punya Allah? 

Berikut ini kira-kira waktu terbaik kita: 
1.    Waktu  istirahat kita di pertengahan malam, di dua pertiga malam, dan atau di sepertiga malam.

Untuk  bangun  malam. 
Untuk  ruku' dan sujud, memuji Allah dan memohon pertolongan- Nya.
Memohon bimbingan-Nya  agar  kita  tidak  kelelahan  dalam  menjalani  hidup  ini. 
Agar anak-anak menjadi anak-anak  yang  saleh  salehah.
Agar orang-orang tua kita panjang umur, sehat dan diampuni Allah.
Dan  masih  banyak  lagi  lah.  Wuah, ini berat.
Tidak sedikit yang tidak mampu mengorbankan waktu tidurnya. 
Karena lelahnya mencari dunia, kita lalu tidak bisa bangun malam. Atau karena banyaknya dunia  yang  di  tangan  kita,  kita  lalu berat untuk bangun malam.
Suasana pun barangkali sedang nyaman, tidak sedang bermasalah. 

2.    Waktu  pagi.  Ketika  manusia  langsung  ngebut  dengan  pekerjaannya, dengan usahanya, dengan kesibukannya, kita  korbankan  dulu barang sedikit untuk menegakkan shalat dhuha. Dan sebelumnya, ketika  manusia  langsung  berburu  dunia,  kita malah tahan dulu barang sebentar untuk menegakkan shalat  shubuh.  Subhaanallaah.  Kalau  bisa  shalat  shubuhnya  di masjid. Masya Allah. Kita ajak anak-anak dan istri. 

3.     Jam   zuhur.  Jam  sibuk-sibuknya.  Traffic  lagi  tinggi-tingginya.  Ketika  pelanggan  lagi banyak-banyaknya,  kita  ridho  meninggalkannya  demi  Yang  Memiliki  diri  kita  dengan  seluruh pemberian-Nya.  Ga  usah  khawatir  degan  berkurangnya perniagaan. Lihat saja Mekkah dan madinah. 
Ketika jam shalat, mereka tutup. Akhirnya apa? Allah malah memberikan international buyer, pembeli  internasional. Bukan sekedar local buyer.

4.   Jam  ashar.  Jam ngantuk. Kita segarkan diri kita, dengan air wudhu. Kita segarkan batin kita, jiwa  kita,  raga  kita,  dengan shalat ashar. Sungguh banyak kemuliaan bacaan-bacaan habis ashar.  Insya Allah akan saya banyak tulis di website.

5.   Jam  macet.  Jam  pulang.  Banyak manusia yang terjebak di kemacetan, karena berburu pulang cepat.
Akhirnya  tetap  saja  kemaleman  karena memang macet. Kalau memang macet-macet juga, kenapa tidak kita  tunggu  saja sampe maghrib usai. Atau syukur-syukur kita sekalian selesaikan isya, baru kita pulang. Kalau tetap khawatir, misalkan pulang jam 5, maka jam 18 mampir ke masjid. Jalan lagi usai maghrib.  Lalu,  mampir  lagi  jelang isya. Dan jalan lagi setelah shalat isya. Repot memang. Tapi insya  Allah  yang begini ini yang kelak akan Allah istimewakan. Manusia mau lelah, mau cape. Tapi kali  ini  cape  dan  lelahnya,  buat  Allah.  Bukan seperti selama ini yang untuk dunianya, untuk perutnya, untuk keseombongannya, untuk hawa nafsunya.
Subhaanallaah. 

***                                                                                               
Habis, Kita Digaji Beliau Sih...
         
Kita tidak pernah tahu dengan sungguh-sungguh darimana rizki kita berasal. Barangkali, karena itulah kita jarang mengistimewakan Allah.   
                                                         
"Pak  Helmy,  ke ruang saya ya?", perintah bos besar, datar. Tanpa ada nada suruh cepat-cepat, dan  tidak ada juga perintah untuk bersegera. Perintahnya bener-bener datar.
   Bos  besar  ngangkat telpon, dan menekan shortcut number yang tersambung ke ruangan Pak Helmy, dan  lalu bicara begitu: "Pak Helmy, ke ruang saya ya?".
                                   
   Itupun  dilakukan  si bos besar ini tanpa menunggu jawaban dari Pak Helmy, apakah bisa atau tidak. Dan  bos  besar  pun  tidak  tahu  juga barangkali siapa yang ngangkat telpon di ruangan Pak Helmy tersebut. Apakah benar Pak Helmy, atau bukan?
 
  Dalam  kehidupan  sehari-hari,  kalau  kita  jadi  Pak  Helmy,  maka kita wajibkan diri kita untuk menyegerakan  diri  ke  ruangan bos besar. Kita  lalu merapihkan diri, dan bahkan seperti sudah menebak  apa  kemauan  bos besar, kita ke ruangannya membawa data-data yang barangkali diperlukan, supaya bos besar senang.                                                                         
   Kalau  kita  jadi  Pak  Helmy, umpama ternyata sekretaris ruangan Pak Helmy yang mengangkat telpon  itu,  lalu  kemudian  si  sekretaris ruangan itu lupa menyampaikan bahwa bos besar memanggil, maka  marahlah  Pak  Helmy, dan bersegeralah dia meminta maaf kepada bos besar seraya menyampaikan bahwa  dia salah.
 
   Kalau  kita  ditegor  orang,  "Duuuh, segitunya kalo dipanggil bos?". Maka kita akan menjawab, "Ya  wajarlah. Sebab dia kan bos nya saya. Dia yang menggaji saya. Saya bekerja di perusahaan ini sebab kebaikan dia".                             

   Luar biasa. Begitu hebatnya "tauhid" kita kepada bos besar tersebut.

   Lalu,  bagaimana dengan panggilan Allah? Bagaimana keadaan hati kita? Bagaimana keadaan diri kita? Bagaimana  penampilan  kita?  Bagaimana  sikap kita? Silahkan jawab sendiri. Masing-masing. Dengan jawaban yang paling jujur dari sikap dan perilaku kita selama ini.     

 Semoga Allah menyayangi kita semua.
http://forum.dudung.net/index.php?topic=15404.0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar